11+ Spatial Reasoning Quick Practice Tests Age 10-11 for the CEM tests (Letts 11+ Success)

11+ Spatial Reasoning Quick Practice Tests Age 10-11 for the CEM tests (Letts 11+ Success)

Matematika Q. Ez ;_,

[tex] \frac{ - 6}{ - 2} = [/tex]
Jan ngasal ngasal = report​

Q. Ez ;_,

[tex] \frac{ - 6}{ - 2} = [/tex]
Jan ngasal ngasal = report​

Jawab:

3

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Kamu harus perhatikan bahwa ini adalah persoalan hitung perkalian dan pembagian sederhana.

Dalam perkalian bilangan bulat tanda negatif mempengaruhi hasil akhir yang didapat.

Apakah kamu sudah mengingat aturannya?

Begini:

min x min = positif

positif x positif = positif

min x positif = negatif

positif x min = negatif

Kalau kamu kesulitan menghafalnya, mungkin bisa menggunakan jangkar yang biasa saya gunakan, yaitu dengan mengingat KALAU TANDANYA SAMA PASTI POSITIF.

Dengan jangkar tersebut, saya seperti hanya menghafal satu sifat saja, padahal dari kalimat itu memuat secara implisit keempat sifat perkalian yang ada.

Dan aturan perkalian ini berlaku pula untuk pembagian.

Lihatlah bahwa pada soal pembilang dan penyebut sama-sama bernilai negatif, maka hasilnya pasti POSITIF.

Setelah kita ketahui tanda di hasil akhirnya, kita hanya tinggal menghitung dengan sederhana pembilang dibagi dengan penyebut (yang diatas dibagi dengan yang dibawah).

Kalau kamu kesulitan dalam pembagian, kemungkinan karena kamu belum menghafal konsep perkalian dasar.

Lantas bagaimana menghitung 6 dibagi 2?

Konsep pembagian ini berasal dari perkalian:

2 x 3 = 6

3 x 2 = 6

yang artinya:

6 : 3 = 2

6 : 2 = 3

Maka jawabannya adalah 3.

[answer.2.content]